TIPS & TRICKS

Mensiasati Liburan HARPITNAS

Siapa yang tidak senang dengan long weekend ? Everybody will love it!

Tetapi khususnya di Indonesia kita tercinta ini, ada REAL long weekend yaitu libur nasional yang diberikan (granted) sebelum atau sesudah hari libur normal yaitu sabtu dan minggu. Ada juga long weekend yang terjadi karena adanya hari kerja yang “terjepit” diantara hari libur nasional lainnya, biasa kita sebut Hari Libur Kejepit Nasional alias Harpinas. Didalam kalender resmi Indonesia, setiap tahunnya sepertinya selalu ada saja hari-hari “baik” dengan karakteristik seperti itu.

Ilustrasi - Harpitans Mei 2015
HARPITNAS MEI 2015

Dalam kondisi seperti ini biasanya para pekerja memanfaatlannya untuk mengambil cuti tahunannya, atau kalau perlu cuti lainnya dengan berbagai alasan yang tersedia. Prinsipnya untuk menambah liburnya menjadi long weekend plus….

Bagi mereka yang hendak memanfaatkan harpitnas yang akan jatuh pada hari Jumat tanggal 15 Mei 2015, berikut adalah tips & trick yang perlu diperhatikan untuk menghemat biaya dan waktu sehingga liburannya menjadi momen yang paling menyenangkan :

 

1. LONG WEEKEND SELALU LEBIH SIBUK – Sadarilah bahwa harpitnas bulan Mei 2015 adalah waktu yang sangat baik sekaligus paling sibuk dikarenakan terjadi menjelang bulan Juni 2015 yang sudah memasuki bulan puasa (Ramadhan 1436 H)

2. LIBURAN PENGGANTI LIBURAN ANAK SEKOLAH – Meskipun normalnya liburan anak sekolah jatuh pada bulan Juni-Juli, tetapi karena bulan-bulan tersebut adalah bulan Ramadhan sekaligus menjelang hari Raya Idul Fitri, maka banyak orang akan memanfaatkan Harpitnas bulan Mei sebagai pengganti liburan anak sekolah

3. PERHATIKAN PERUBAHAN HIGH SEASON WISATA – Oleh karena hal tersebut diatas, Mei 2015 menjadi salah satu bulan sibuk (high season) bagi dunia pariwisata Indonesia sebelum jatuhnya liburan Idul Fitri

4. RESERVASI PERJALANAN LEBIH AWAL – Tiket pesawat terbang untuk Harpitnas Mei 2015 telah mengalami kenaikan sehingga pembelian tiket jauh-jauh hari sangat disarankan untuk mengunci harga. Pada tanggal-tanggal tersebut promo tiket sudah pasti tidak ada, untuk menghemat biaya siapakanlah dana lebih awal untuk pembayaran tiket terlebih dahulu, karena harga tiket pesawat dan KA bisa berubah sewaktu-waktu apalagi mengingat pergerakan US$ akhir-akhir ini.

5. PERHATIKAN OKUPANSI HOTEL DI TEMPAT TUJUAN – Setelah mengamankan tiket, apakah kita bisa langsung terbang atau jalan ? Perlu diperhatikan reservasi hotel untuk akomodasi selama di tujuan wisata. Okupansi hotel selama long weekend bisa dipastikan naik, bahkan beberapa hotel menyatakan menolak tamu. Soal harga, jangan ditanya, sudah pasti melambung hampir menyentuh langit.

6. PERGUNAKAN JASA TOUR AGENCY – Ini bukan promosi lho, tetapi memang harus diakui bahwa tour agency adalah salah satu pemain di dunia pariwisata, sehingga tidak mengherankan kalau mereka paling tahu apa yanga sebaiknya dilakukan untuk dapat mengamankan perjalanan dan acara liburan anda. Pepatah mengatakan “serahkan pada ahlinya”.

7. JAGA KESEHATAN – Barangkali setelah tiket dan akomodasi kita bisa bernapas lega. Tinggal kita jaga kesehatan dan kebugaran kita agar pada waktunya semua tidak sia-sia dan kita dapat menikmati liburan semaksimal mungkin.

Akhir kata, selamat menikmati HARPITNAS MEI 2015.  Salam Piknik !

 

 
TIPS CARA MENCUCI DAN MERAWAT RAJUTAN TANGAN

 

Tas Rajut motif Metered Granny
Tas Rajut motif Metered Granny

1. Pemilihan Detergen.

Detergen yang digunakan untuk mencuci sebaiknya adalah “soft detergenyang tidak mengandung bahan pemutihDisarankan menggunakan sabun untuk mencuci kain batik, atau shampo. Dengan mengggunakan soft detergen, maka warna dan  tekstur yang ada pada rajutan akan terjaga.

2. Cara Mencuci

Hindari mencuci barang hasil rajutan dengan mesin cuci, pakailah cara mencuci dengan tangan, hal ini untuk menghindari rajutan berbulu dan friksi benang tertarik-tarik dikarenakan putaran mesin cuci yang cepat. Setelah rajutan direndam dengan soft detergen beberapa saat, kemudian dikucek dengan perlahan dan jangan terlalu lama dan kemudian langsung dibilas.

3.  Cara Pengeringan

Penjemuran rajutan disarankan untuk tidak digantung, untuk menghindari perubahan bentuk rajutan serta bekas pipa tiang jemuran. Cara yang terbaik adalah dengan cara diresap di atas handuk kering yang diletakan pada bidang yang rata, tanpa terkena sinar matahari secara langsung, sampai proses pengeringan selesai.

4. Cara Penyimpanan

Hindari penyimpanan dengan cara menggantung dan diletakkan pada tempat yang lembab, karena akan merusak bentuk rajutan dan menumbuhkan jamur.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *